Selasa, 07 Desember 2010

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI (SELERA) TERHADAP PERMINTAAN KONSUMEN


Permintaan seorang konsumen terhadap suatu barang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut secara bersama-sama akan menentukan tingkat dan jumlah berbagai barang yang diminta oleh setiap individu. Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan, yaitu sebagai berikut.

Dalam ilmu ekonomi terdapat konsep dasar yang penting, yaitu permintaan (demand) dan penawaran (supply). Permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang diminta, datangnya dari pihak rumah tangga konsumen yang membeli dan mengonsumsi sebagian besar barang konsumsi atau jasa. Adapun penawaran adalah sejumlah barang atau  jasa yang ditawarkan, datangnya dari pihak produsen (perusahaan) yang menjual dan memproduksi jumlah barang atau jasa. Permintaan terhadap barang ditentukan oleh preferensi konsumen. Adapun penawaran terhadap barang ditentukan oleh biaya produksi.

Salah faktor yang mempengaruhi permintaan itu ialah selera, selera setiap individu berbeda. Selera konsumen bersifat subjektif karena selera konsumen bergantung pada penilaian terhadap barang tersebut.  Di samping itu, selera juga dipengaruhi oleh unsur tradisi dan agama. Naiknya selera konsumen terhadap suatu barang mengakibatkan naiknya permintaan terhadap barang tersebut. Begitupun sebaliknya, jika selera konsumen turun, permintaan konsumen akan berkurang.

Contohnya: permintaan terhadap telepon genggam, terdapat berbagai macam pilihan baik merk A, B, C yang sangat tergantung pada selera seseorang. Baik itu hanya untuk bergaya, mendukung pekerjaan ataupun sekadar bertukar informasi dengan keluarga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar